Yakin Bisa, Pelatihan Jurnalistik bagi Low Vision  Lancar

Top News279 Views

Jakarta, siap.news

Pelatihan jurnalistik bagi peserta  Disabilitas/Tunanetra Low Vision dan umum digelar. Kegiatan ini dilakukan di Sekretariat PBB PAC Grogol Petamburan Jl. Empang Bahagia 1 No. 9 Jelambar Jakarta Barat dilakukan 3 kali pertemuan, masing-masing selama 90 menit, Kegiatan berakhir hari Jumat ( 24/02/2023).

Kegiatan pelatihan Jurnalistik ini dilaksanakan oleh PBB PAC Gropet dan Media Pers  bicarajakarta.com  ini  yang ke-2 kalinya. Pelatihan ini di bagi dua kelompok,  yakni, kelomok tunanetra low vision dan umum.

Sebagai pemateri,  Pangihutan Simatupang yang  juga pembina  media grup Bicara Jakarta, yang terdiri dari media online dan cetak tersebut mengatakan,  dalam  pelatihan jurnalistik  kali ini  peserta dibekali teknik penulisan berita dan   Kode Etik Jurnalistik (KEJ),  serta cara membuat rencana liputan.

“Di sini ada kelompok tunanetra low vision, saya ‘salut’ kepada mereka, bisa menerima materi dengan baik, meskipun ada keterbatasan pengelihatan,” katanya.

Dikatakannya, diantara peserta low vision ini, ada beberapa yang masih  kuliah,  sehingga   dalam mengikuti  proses belajar-mengajar, merupakan hal yang biasa buat mereka. “Bahkan ada pernah bekerja di salah satu media,  bagian grafis. Jadi  semuanya nyambung,  dan kegiatan ini berjalan lancar,” ujar dia.

Lebih lanjut dikatakan, dengan kegiatan pelatihan jurnalistik ini, diharapkan bisa meningkatkan semangat para peserta,  terutama para tunanetra low vision. “Keterbatasan bukan suatu kendala untuk meraih keberhasilan. Karya mereka ditunggu masyarakat,” katanya.

Program PBB Gropet

Ketua PBB PAC Grogol Petamburan Franki Hutagaol mengatakan, pelatihan jurnalistik ini  merupakan salah satu  program PBB PAC Grogol Petamburan, Jakarta Barat.

Dari sejumlah program yang sudah direncanakan pelaksanaannya, pelatihan jurnalistik merupakan program pertama membuka tahun 2023 ini.  “Memang di organisasi PBB ada bagian media pers, jadi ini sejalan dengan program yamg ada,” katanya.

Ditambahkan, kegiatan pelatihan jurnalistik ini akan dilaksanakan berkesinambungan,  dan  diharapkan bermanfaat  bagi masyarakat  secara  keseluruhan. RED

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *