Kembangkan Kreativitas Anak, Pemkot Tanjungpinang Gelar Lomba Bercerita

Daerah510 Views

Tanjungpinang, siap.news

Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Tanjungpinang telah menggelar Lomba Bercerita Tingkat SD/MI se-Kota Tanjungpinang secara virtual beberapa waktu lalu. Setelah memenangkan, Wan Samsi selaku kepala dinas membawa para pemenang melaporkan hasil kegiatan yang telah dilaksanakan.

Wali Kota Tanjungpinang, Hj. Rahma S.IP pada kesempatan itu memberikan hadiah kepada para pemenang, di Rumah Dinas Wali Kota, Jl. Sei Ladi, Senggarang, Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Kamis (24/6/2021).

Rahma menambahkan, lomba bercerita merupakan salah satu cara dalam menggiatkan program gemar membaca oleh anak-anak.

“Sangat penting untuk menumbuhkembangkan kreativitas anak-anak di Kota Tanjungpinang, terutama kreativitas dalam membaca. Ini untuk memicu kerja otak dan imajinasi mereka dalam menggiatkan dalam gerakan literasi yang menjadi program pemerintah,” ujarnya.

Rahma juga menjelaskan, bahwa saat ini Pemerintah telah melakukan berbagai program untuk mengalirkan kreativitas anak dan sebagai wujud kepedulian sosial terhadap anak-anak, terutama dalam masa pandemi Covid-19 saat ini.

“Untuk itu pihak sekolah, baik kepala sekolah, guru-guru dan orang tua mari kita dukung sepenuhnya kreativitas yang dimiliki anak-anak kita. Arahkan kepada hal yang positif, belajar membaca buku dan membatasi penggunaan gadget, terutama dalam masa pandemi Covid -19 yang mengharuskan anak-anak lebih kreatif dan terus berprestasi,” lanjutnya.

Meskipun dilaksanakan secara virtual atau berani, Rahma sangat mengapresiasi para peserta yang berpartisipasi dengan sangat luar biasa. “Saya sangat bangga kepada para peserta yang telah mengikuti lomba dengan totalitasnya, tujuan agar kreativitas serta imajinasi anak didik tidak melemah, dengan tetap belajar di rumah dapat berprestasi dengan baik,” ucapnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Tanjungpinang, Drs. H. Wan Samsi, MM mengatakan, bahwa tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan minat dan budaya membaca, menambah wawasan mengenai cerita rakyat dan mengembangkan serta meningkatkan kreativitas dan imajinasi anak dalam seni bercerita.

Lebih jauh dikatakannya, bahwa kegiatan ini dilakukan secara berjenjang untuk mempersiapkan duta Kota Tanjungpinang di perlombaan tingkat Provinsi. Pelaksanaan lomba juga diubah rupa sesuai dengan protokol kesehatan. “Saya mengajak kita semua untuk mendudukkan Duta Bercerita Kota Tanjungpinang sebagai Juara 1 di perlombaan tingkat Provinsi Kepulauan Riau, Lomba Bercerita ini diubahsuai dari sistem sebelumnya dan harus mematuhi atau protokol kesehatan yang diterapkan secara virtual,” ujarn Wan Samsi.

Sebagai juara 1 yaitu Qayla Khafifah Arrasyid dari SDN 004 Bukit Bestari, Juara 2 Devan dari SDN 005 Bukit Bestari dan Juara 3 Libra Fatikha Qulby dari SDN 001 Tanjungpinang Timur. Sebagai informasi pada tahun 2020 lalu, utusan Kota Tanjungpinang berhasil memperoleh peringkat kedua di tingkat Provinsi Kepri. Dan pada tahun 2021 ini ditargetkan menjadi juara pertama untuk tingkap Provinsi Kepri agar dapat dikirim ke tingkat Nasional.

Kemuadian para pemenang menyanyi pada lomba bercerita di depan Wali Kota Tanjungpinang beserta pendampingnya dari kepala sekolah dan guru pembimbing.

Editor : RED

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *