DPRD Kota Tangerang Bersama Forkopimda Gelar Acara Rapat Paripurna HUT Kota Tangerang

Daerah778 Views

Kota Tangerang, siap.news

DPRD Kota Tangerang bersama Forkopimda menggelar Syukuran Ulang tahun Kota Tangerang yang ke-29 tahun di Lantai 3 ruang Rapat DPRD Kota Tangerang,Senin (28/2/2022).

Diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, acara syukuran dibuka langsung oleh Gatot Wibowo sebagai Ketua DPRD Kota Tangerang, pada pukul 10.00 Wib. Dilanjutkan dengan Sederet pencapaian yang telah diraih kota berjuluk Akhlakul Karimah tersebut.

Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah menjelaskan, di tahun kedua pada ulang tahun Kota Tangerang di masa pandemi COVID-19, pemerintah terus berjuang untuk tetap berinovasi untuk membuat wilayahnya tetap nyaman ditinggali oleh masyarakat Kota Tangerang.

Arief menyampaikan, Kota Tangerang  tidak hanya menjadi kota Industri tapi juga menjadi kota bisnis dan jasa, seiring persaingan antar kota dan kabupaten yang semakin ketat efek sarana infrastruktur yang telah dibangun oleh pemerintah pusat yang menyambungkan setiap wilayahnya.

Adapun capaian yang telah dilakukan Kota Tangerang antara lain adalah capaian vaksinasi tertinggi di Banten
Vaksinasi di Bulan Ramadhan.

“Kota Tangerang merupakan wilayah capaian vaksinasi tertinggi di Banten dan nomor dua setelah DKI Jakarta pada daerah aglomerasi. Totalnya vaksin dosis pertama sebanyak 2.130.166, sedangkan dosis kedua 1.701.575, dan dosis ketiga 209.863.Dimana akses pendaftaran vaksinasi bagi masyarakat dipermudah melalui inovasi aplikasi avatar (aplikasi vaksinasi Kota Tangerang),” jelasnya.

Selanjutnya,  peluncuran berbagai macam Ilustrasi aplikasi mobile. Sebanyak 193 aplikasi telah terintegrasi dalam setiap pelayanan. Dalam hal penanganan kesehatan, Pemerintah Kota Tangerang membentuk berbagai aplikasi untuk menangani berbagai masalah kesehatan massal.

Salah satunya dengan aplikasi Emak Idep yakni sistem layanan pemantauan kehamilan yang dapat diakses oleh tenaga kesehatan untuk membantu pemeriksaan kesehatan bagi ibu hamil.

“Dan juga membentuk 5.000 kader asmara TBC sebagai upaya meningkatkan capaian investigasi kontak pasien TBC di tengah pandemi COVID-19,” ungkapnya.

Ditambahkannya,  peningkatan kapasitas wargapun menjadi salah satu konsentrasi Pemerintah Kota Tangerang. Itu terbukti diluncurkannya aplikasi Tangerang Cakap Kerja. Selain itu,  masyarakat dimudahkan dalam hal menyampaikan laporan pengaduan dan aspirasi melalui layanan aspirasi kotak saran anda (LAKSA) yang didukung dengan layanan pengaduan melalui media sosial yang juga sudah terintegrasi kedalam pelayanan gawat darurat 112 dan 119.

Pihaknya juga mengatakan,  terdapat fitur pembayaran pajak BPHTB online, hingga fitur laporan pengaduan dan aspirasi. Dan semua pelayanan dan fitur terintegrasi dalam satu aplikasi, yaitu Tangerang LIVE.

“Konsep aplikasi ini direplikasi oleh 35 kota dan kabupaten di Indonesia,” jelasnya.

Selain itu, inovasi dalam hal peningkatan kualitas aparatur negara di lingkungan Pemerintahan Kota Tangerang, melalui BKPSDM Kota Tangerang meluncurkan LMS Prima.

Pemkot Tangerang juga meluncurkan berbagai bantuan ekonomi untuk masyarakat Ilustrasi UMKM guna mendukung perbaikan ekonomi, Kota Tangerang yang bekerjasama dengan Bank BRI dan Bank Jabar Banten melalui penyediaan  bantuan modal usaha sebesar Rp1 triliun dalam bentuk kredit usaha rakyat untuk beragam wirausaha baru tumbuh di Kota Tangerang.

Sedangkan, untuk program Tangerang BISA, telah membantu sebanyak 9.891 UMKM dan program Tangerang EMAS telah diberikan kepada 280 pemohon dengan mengedepankan pinjaman tanpa bunga.

Arief mengatakan, berbagai pencapaian yang diperoleh Kota Tangerang menunjukan bahwa adanya potensi besar yang harus dimaksimalkan. Apalagi, sebagai daerah heterogen, perbedaan harus menjadi sebuah kekuatan bukan untuk saling melemahkan.

Sementara itu,  acara syukuran diakhir dengan pemotongan Tumpeng oleh Ketua DPRD Kota Tangerang didampingi Forkopimda dan sesi Poto bersama DPRD kota Tangerang dengan perketat Protokol Kesehatan. (Mar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *