Dipertanyakan Proyek Renovasi Gedung Dinas Pertanian dan Pangan Banyuwangi

Daerah741 Views

Banyuwangi, siap.news

Proyek renovasi kantor dinas pertanian dan pangan Banyuwangi tahun anggaran 2022 menggunakan anggaran APBD menjadi bahan pertanyaan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Kampak Emas RI DPD Jatim yang berkantor di Kelurahan Kertosari Kec Banyuwangi.

Maraknya Proyek pembangunan yang dilaksanakan pada tahun anggaran 2022 baik berupa proyek pengadaan langsung (PL), maupun lewat tander lelang LPSE, hal ini menjadi perhatian khusus LSM Kampak Emas RI DPD Jatim.

Berdasarkan informasi dari Masyarakat terkait adanya Proyek Dinas pertanian dan pangan Kabupaten Banyuwangi, membuat Ketua LSM tersebut, Made Isabella bersama anggotanya mendatangi proyek renovasi kantor Dinas Pertanian dan Pangan tersebut.

Selain masalah proyek PL, kata Made, pihaknya juga tengah menyoroti ada pihak yang mendapatkan proyek meskipun tidak memiliki perusahaan, alias minjam perusahaan orang lan.

“Diduga di Dinas Pertanian dan Pangan Banyuwangi ada praktik seperti ini, orang bukan pemilik perusahan bisa dapat proyek. Praktik seperti ini yang kami pertanyakan,” katanya.

Menurutnya, proyek dan pinjam bendera (perusahan) milik orang lain, terjadi karena faktor kedekatan dan dapat proyek, bukan karena penilaian dan proses yang benar. ” kalau begini, pertanggungjawabannya menjadi tanggung jawab orang lain,” ungkapnya.

Dia juga menegaskan, dugaan adanya permainan “fee proyek’ yang diterima oknum dinas yang memberikan proyek, akan diinvestigasi. “Saya usut dan saya akan laporkan kepada kejaksaan apabila ada temuan penyimpangan di lapangan terkait proyek,” tegasnya.

Sementara, di lokasi proyek renovasi, kepada Awak Media, Asis yang mengaku mandor proyek menerangkan, bahwa yang mendapatkan proyek tersebut adalah inisial TL, sedangkan CV-ya adalah milik orang Welaran Banyuwangi. “CV tersebut bukan milik sendiri, yaitu ‘pinjam bendera’ CV milik orang lain,” katanya di lokasi, Senin (31/6/2022).

Ketika hal ini akan dikonfirmasi ke pihak kantor Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Banyuwangi, PLT Kepala Dinas Pertanian tidak ada di kantor.

Menurut keterangan bawahannya, pimpinannya tidak berada di tempat. resipsionis “Sedang di luar kantor,” kata resepsionis.

Penulis: Red

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *